POSYANDU DESA UNGGAHAN

27 Agustus 2018 14:14:42 WITA

Kesehatan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang biasa dilaksanakan pada Desa Unggahan, Kec. seririt, Buleleng.  Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat Unggahan di bidang kesehatan dengan penanggung jawab tertinggi kepala desa.

Petugas kesehatan yang memfasilitasi kegiatan posyandu Desa Bagjasari adalah bidan, dikarenakan hanya terdapat seorang bidan di desa ini, tapi satu orang bidan sudah cukup memadai untuk berjalannya kegiatan posyandu setiap bulannya, dengan bantuan beberapa Kader Posyandu. Desa Unggahan melakukan kegiatan posyandu dibagi berdasarkan jadwal tiap Dusun, maka setiap Minggunya dilakukan kegiatan posyandu per dusun satu kali..

 balita, yaitu bayi berusia 0-5 tahun. Kegiatan posyandu ini dilakukan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak mulai dari saat dikandung dan sampai berusia 5 tahun. Hal ini merupakan salah satu indikator penting dalam menentukan tingkat kesehatan suatu masyarakat yang berimbas pada tingkat kesejahteraan masyarakat. Pelayanan yang biasa dilakukan dalam posyandu Desa Bagjasari antara lain adalah pemantauan berat badan dan tinggi badan, program immunisasi, dan pemberian nutrisi tambahan rutin setiap 6 bulan sekali. Kegiatan posyandu di Desa Bagjasari terbatas dalam hal peralatan medis dan fasilitas yang ditawarkannya. Presentase kehadiran pada saat posyandu berlangsung ada dikisaran 50%. Hal ini menunjukan masih kurangnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya mengetahui tumbuh kembang anak pada masa balita. Jika dilihat dari grafik pertumbuhan balita dari tahun ketahun maka pertumbuhan balita di desa Unggahan cukup baik.  Beberapa faktor yang menyebabkan hal ini antara lain kurangnya pemberian nutrisi tambahan pada anak yaitu, 6 bulan sekali. Tetapi pada saat dilakukan pemberian nutrisi persentase kehadiran posyandu akan bertambah. Hal lain yang dapat menyebabkan kurangnya kehadiran dalam kegiatan posyandu adalah tidak tersampainya informasi secara merata, karena kegiatan posyandu tidak dilakukan secara benar benar terjadwal, sehingga pengumuman dilakukan melalui pengeras suara di setiap bloknya secara mendadak. Selain kegiatan pemantauan pertumbuhan balita, dilakukan juga pemantauan tumbuh kembang janin selama masa kehamilan, dikarenakan terkadang ditemukan sedikit kasus dimana terdapat keabnormalan selama masa kehamilan pada wanita hamil

 

Komentar atas POSYANDU DESA UNGGAHAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

KOLOM KOMENTAR

Home Blog Cara Memasang Widget Komentar Terbaru di Blogger

JAM

KALENDER BALI

Lokasi Unggahan

tampilkan dalam peta lebih besar