Odalan Di Pura Desa Unggahan

24 September 2018 09:10:33 WITA

          Salah satu hari raya besar dalam upacara keagamaan Hindu adalah upacara Piodalan disebut juga sebagai pujawali, petoyan atau petirtaan. Piodalan tersebut dalam rangkaian upacara Dewa Yadnya yang ditujukan kepada Ida Sang Hyang Widi pada sebuah pura atau tempat suci, dimana saat odalan atau hari besar tersebut berlangsung dipimpin oleh orang suci seperti Pemangku ataupun Pendeta. Piodalan berasal dari kata wedal yang berarti keluar atau lahir. Pada saat Piodalan (odalan) tersebutlah diperingati dan ditetapkan sebagai hari lahir sebuah Pura atau bangunan suci, sehingga bisa diartikan saat piodalan/pujawali/petoyan tersebut, umat Hindu memperingati hari kelahiran dari tempat suci tersebut, kalau pada manusia layaknya hari ulang tahun. Untuk itulah setiap pura di Bali, memiliki hari yang ditetapkan hari suci untuk piodalan ataupun pujawali.

          Selasa, 24 September 2018 (Soma paing wuku klawu purnama kapat) telah berlangsung piodalan di Pura Desa Unggahan dan Diramaikan dari siang hari sampai malam hari untuk melaksanakan persembahyangan.

          Pelaksanaan piodalan ini sudah dipersiapkan Mulai dari pembuatan sarana dan prasarana upakaranya, pemasangan wastra di pura, pemasangan penjor dan masih banyak persiapan lainnya. Piodalan ini merupakan bentuk ungkapan rasa syukur ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa atas segala berkah  yang telah dillimpahkan sekaligus memohon  keselamatan, kesehatan serta kemakmuran tidak hanya bagi Krama Hindu, tapi juga pada masyarakat Bali, rakyat Indonesia bahkan seluruh makhluk di dunia.

Dokumen Lampiran : download disini


Komentar atas Odalan Di Pura Desa Unggahan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

KOLOM KOMENTAR

Home Blog Cara Memasang Widget Komentar Terbaru di Blogger

JAM

KALENDER BALI

Lokasi Unggahan

tampilkan dalam peta lebih besar